Baku Tembak, Pemimpin Kelompok Simpatisan ISIS Filipina Tewas

Kamis, 05 Januari 2017 - 15:13 WIB
Baku Tembak, Pemimpin...
Baku Tembak, Pemimpin Kelompok Simpatisan ISIS Filipina Tewas
A A A
MANILA - Polisi Filipina mengatakan mereka telah membunuh seorang pemimpin kelompok simpatisan ISIS di negara itu. Mereka juga mengatakan telah menangkap 3 orang lainnya dalam bentrokan bersenjata setelah menolak ditangkap di sebuah resor pantai di selatan Filipina.

Petinggi polisi Filipina Leonardo Suan mengatakan Jaafar Maguid tewas dalam baku tembak di Provinsi Sarangani, selatan Filipina. Ia adalah pemimpin kelompok bersenjata Ansar Al Khilafah Filipina. Polisi juga menagkap 3 orang pengikutnya seperti dikutip dari ABC News, Kamis (5/1/2017).

Suan mengungkapkan baku tembak terjadi setelah polisi hendak memeriksa laporan dari warga sipil tentang keberadaan orang-orang bersenjata.

Para pejabat mengatakan kelompok Maguid diyakini berada di balik serangkaian serangan termasuk ledakan granat ysng menewaskan seorang polisi dan melukai puluhan orang. Dia juga diduga merekrut anak di bawah umur di wilayah tersebut.

Pada bulan Agustus lalu, pasukan pemerintah bentrok dengan kelompok Maguid di kota Maasim. Bentrokan tersebut menewasakan tiga pengikutnya dan merebut dua senapan. Petugas juga menyita bendera hitam seperti milik kelompok ISIS dari militan.

Sejumlah kelompok Islam lainnya di Filipina selatan, termasuk Abu Sayyaf, telah bersumpah setia pada kelompok ISIS. Tetapi pihak militer Filipina mengatakan belum ada tanda-tanda kolaborasi langsung antara orang-orang bersenjata Filipina dan gerilyawan di Suriah dan Irak tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)