AS Pilih Abstein, Ini Pembelaan Gedung Putih

Sabtu, 24 Desember 2016 - 16:48 WIB
AS Pilih Abstein, Ini...
AS Pilih Abstein, Ini Pembelaan Gedung Putih
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih membela keputusan delegasi Amerika Serikat (AS) dalam voting resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) terkait permukiman Israel. Gedung Putih mengatakan aktivitas ekspansi pemukiman yang begitu cepat menempatkan solusi dua negara berisiko.

Wakil Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih, Ben Rhodes, juga menepis kritik oleh Presiden terpilih Donald Trump terhadap keputusan AS. Ia menegaskan bahwa Barack Obama masih menjadi Presiden AS hingga 20 Januari.

"Kita tidak bisa dalam hati nurani yang baik memveto resolusi yang menyatakan keprihatinan tentang kecenderungan yang mengikis dasar untuk solusi dua negara," kata Rhodes dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (24/12/2016).

AS yang selama ini membela Israel memilih abstain dan tidak memveto resolusi yang menuntut Israel menghentikan seluruh proyek pemukiman ilegal di tanah Palestina yang diduduki. Resolusi tersebut diajukan oleh 4 negara anggota tidak tetap DK PBB setelah Mesir memilih untuk menundanya.

Resolusi untuk menekan Israel menghentikan seluruh proyek permukiman ilegal ini diusulkan oleh Malaysia, Selandia Baru, Senegal dan Venezuela. Resolusi disahkan dengan dukungan 14 suara dan satu suara abstain.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)