Dari Indonesia, Om Telolet Om Mendunia

Kamis, 22 Desember 2016 - 08:21 WIB
Dari Indonesia, Om Telolet Om Mendunia
Dari Indonesia, Om Telolet Om Mendunia
A A A
JAKARTA - Klakson menggelikan “Om Telolet Om” yang dibunyikan bus lokal di Indonesia dalam sekejap viral di media sosial seluruh dunia. Warga dunia dibuat penasaran apa arti dari kalimat misterius ”Om Telolet Om” itu.

Kalimat dari bunyi klakson itu telah digunakan 790.000 kali di Twitter sejak Selasa lalu. Uniknya, para disc jockey (DJ) dunia ikut mempopulerkan bunyi klakson bus Indonesia itu dalam berbagai video. Banyak dari mereka menjadikan bunyi klakson itu menjadi musik tari.

Secara harfiah, “Om Telolet Om” adalah bunyi panggilan untuk “om” atau “paman” yang berada di pinggir-pinggir jalan ketika bus pengguna klakson itu melintas. Namun, arti dari “telolet” masih misterius.

Kalimat menggelikan itu juga menghiasi timeline (lini masa) media sosial presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hal itu terjadi setelah orang-orang iseng menyerukan Trump ikut membunyikan klakson “Om Tolelot Om”.

Di Facebook, kalimat menggelikan klakson bus lokal Indonesia itu sudah disinggung lebih dari 80 ribu kali. Yang mengggelikan lagi, ada netizen yang iseng meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan tanggal 21 Desember sebagai hari libur “telolet nasional”.

Pengguna akun @MartinGarrix dari Amstelveen, Belanda menulis: “Apa itu Om Telolet Om?”. Tweet itu di-retweet 27.242 kali.

DJ Snake melalui akun Twitter @djsnake menulis; “Om Telolet om” yang di-retweet 22.970 kali.

Pengguna akun Twitter @Bassjackers menulis; "Wtf adalah OM TELOLET OM?" Pada 20 Desember 2016, dan telah di-retweet 1.192 kali.

Pengguna akun Twitter @LaidbackLuke dibuat pensaran dengan menulis; "Apa-apaan ini, Toilet Om Om??!" Tweet pada 21 Desember 2016 itu telah di-retweet dan di-like ratusan kali.

Sedangkan pengguna akun Twitter @OliverHeldens mengira kalimat misterius dari klakson bus Indonesia itu terkait makanan. ”Apa 'Om Telolet Om'? Ketika saya membacanya saya pikir telur dadar/telur,” tulis dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5239 seconds (0.1#10.140)