Pasukan Korut Gelar Latihan Perang Malam Hari

Rabu, 21 Desember 2016 - 12:58 WIB
Pasukan Korut Gelar Latihan Perang Malam Hari
Pasukan Korut Gelar Latihan Perang Malam Hari
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, dilaporkan telah mempersiapkan militernya untuk berperang dengan serangkaian latihan perang dengan roket terbaru. Jong-un menyuruh militer Korut untuk melakukan uji tembak dan menyatakan puas dengan harl tersebut,

Tidak berhenti sampai disitu, Jong-un juga meminta pilot-pilot tempur Korut terbang di malam hari dan diminta menembak sasaran yang telah ditentukan. Alhasil, Jong-un pun mengaku senang karena pilot-pilot Korut berhasil menembak dengan presisi. Ia merasa mengomandoi pasukan di siang hari bukan di malam hari seperti dikutip dari Express, Rabu (21/12/2016).

Latihan perang ini dipicu kekhawatiran Jong-un akan invasi yang dilakukan oleh Korea Selatan (Korsel). Ia pun memerintahkan pasukannya untuk berlatih dalam kondisi perang yang sebenarnya. Jong-un mengatakan kepada anak buahnya mereka harus siap dalam kondisi apapun, siang atau malam.

Angkatan bersenjata rezim diktator itu mulai latihan musim dingin yang melelahkan pada awal Desember. Latihan tersebut diperkirakan akan terus berlangsung sampai April tahun depan.

Latihan ini juga memicu peringatan dari para ahli soal niatan Korut meluncurkan serangan jarak jauh dari kapal selam dengan kemampuan rudal balistik bertenaga tinggi ke perairan internasional. Ahli keamanan Asia Chris Ogden, dari St Andrews University, mengatakan perkembangan baru dalam teknologi militer Korut bisa memperluas potensi serangan nuklir.

Ketegangan antara Korut dan Korsel dalam beberapa bulan terakhir akan mencapai titik didih. Kedua negara memiliki kemampuan untuk membumihanguskan satu diantara mereka. Militer Korut juga memiliki senjata nuklir dengan kemampuan untuk mencapai Inggris dan Amerika Serikat (AS).
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6578 seconds (0.1#10.140)