Dubes Suriah untuk PBB Berbohong soal Situasi di Aleppo

Kamis, 15 Desember 2016 - 19:23 WIB
Dubes Suriah untuk PBB...
Dubes Suriah untuk PBB Berbohong soal Situasi di Aleppo
A A A
NEW YORK - Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari kedapatan berbohong saat menjelaskan situasi di Aleppo. Kebohongan itu dilakukan saat Jaafari menjabarkan situasi di Aleppo dalam sidang Dewan Keamanan (DK) PBB pada Selasa.
Saat itu Jaafari memegang foto yang menunjukan seorang tentara yang sedang membantu seorang wanita tua turun dari sebuah mobil. Dia mengatakan, foto itu adalah saat tentara Suriah membantu wanita tua di Aleppo.
"Ini adalah apa yang tentara Suriah lakukan di Aleppo. Di sini Anda melihat gambar seorang tentara Suriah memberikan bantuan dan succah (kenyamanan) untuk seorang wanita, membantu dia keluar dari mobil," kata Jaafri kala itu.
Namun, seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (15/12), sejumlah jurnalis, aktivis, dan pekerja kemanusian langsung mengenali foto tersebut. Mereka mengatakan foto itu bukan diambil di Suriah, tapi di Irak.
Foto itu diketahui diambil di Fallujah, Irak, dan sosok tentara itu adalah anggota dari bagian pasukan gabungan Irak. Foto itu banyak muncul saat terjadi di pertempuran Fallujah pada Juni 2016 lalu.
Sejauh ini, baik Jaafari atau perwakilan Suriah di PBB belum memberikan pernyataan apapun mengenai penggunaan foto tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8045 seconds (0.1#10.140)