Indonesia Pertanyakan Sikap Myanmar soal Rohingnya

Rabu, 23 November 2016 - 17:11 WIB
Indonesia Pertanyakan Sikap Myanmar soal Rohingnya
Indonesia Pertanyakan Sikap Myanmar soal Rohingnya
A A A
JAKARTA - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir menjelaskan, pemerintah Indonesia sudah melakukan komunikasi dengan pihak Myanmar mengenai situsi di Rakhine State. Komunikasi itu dilakukan baik melalui pemanggilan Duta Besar Myanmar di Jakarta atau komunikasi langsung dengan pihak di Naypidaw.
"Mengenai Rohingya, Indonesia tentunya mengikuti secara dekat berbagai perkembangan di Rakhine State. Dalam hal ini, Senin lalu ada perkembangan di sosial media dan pemerintah banyak mendapat disinformasi sehingga Duta Besar Myanmar untuk Indonesia dipanggil bertemu dengan Dirjen Aspasaf mengenai perkembangan Rakhine State," ucap Arrmanantha.
"Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) juga berbicara dengan rekannya, yakni Menteri Muda Urusan Luar Negeri Myanmar untuk mendapatkan perkembangan yang ada untuk menyampaikan pandangan Indonesia," sambungnya, pada Rabu (23/11).
Dalam pembicaraan itu, lanjut Armanantha, Indonesia menyampaikan keprihatinan mengenai situasi di sana dan jatuhnya korban jiwa. Tentu Indonesia mengharapkan pemerintah Myanmar bisa menyelesaikan situasi di sana.
"Kita menekankan perlindungan penghormatan HAM bagi seluruh masyarakat yang ada di Rakhine State, termasuk minoritas Rohingya dan dijaga. Kita juga meyampaikan selama ini kerja sama yang baik antar Indonesia dan Myanmar di tingkat bilateral dalam konteks membangun reformasi Myanmar maupun mendukung konteks pembangunan yang inklusif di Rakhine State," ucapnya.Dia menambahkan Indonesia merupakan salah satu negara sejak lama telah mendukung upaya reformasi dan pembangunan inklusif di Myanmar. Indonesia, papar Arrmanantha, telah banyak memberikan bantuan capacity building dalam konteks demokratisasi pelaksanaaan pemilu dan HAM di sana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5308 seconds (0.1#10.140)