PM Najib Bilang Warga Malaysia Muak dengan Demonstrasi Bersih

Minggu, 20 November 2016 - 15:29 WIB
PM Najib Bilang Warga Malaysia Muak dengan Demonstrasi Bersih
PM Najib Bilang Warga Malaysia Muak dengan Demonstrasi Bersih
A A A
LIMA - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, memberi tanggapan terhadap aksi demonstrasi bersih yang memintanya untuk mundur karena terlibat kasus korupsi. Najib mengatakan ia percaya jika warga Malaysia telah muak dengan jajak pendapat kelompok reformasi dan demonstrasi.

Ia pun mengecam seruan sejumlah kelompok agar dirinya mengundurkan diri. Ia mengatakan bahwa aksi menjatuhkan pemerintahan yang sah melalui tindakan pembangkangan adalah tindakan inkonstitusional dan melanggar hukum.

"Kami, warga Malaysia, harus menjunjung tinggi prinsip supremasi hukum, jika tidak akan ada kekacauan di negara ini dan orang-orang akan menderita," kata di sela-sela pertemuan pemimpin APEC di Lima, Peru, seperti dikutip dari Asian Correspondent, Minggu (20/11/2016).

Ia pun mengungkapkan pandangannya tentang keberadaan Mahathir Mohamad dalam aksi demontrasi di Ibu Kota. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh mantan perdana menteri itu dan mantan mentornya itu melawan prinsip-prinsipnya sendiri di masa lalu.

Ia kemudian mencontohkan bahwa aksi demonstrasi Bersih adalah hal yang tidak mungkin terjadi dalam kepemimpinan Mahathir Mohamad yang berkuasa selama 22 tahun. Najib juga mengatakan bahwa apa yang Mahathir katakan tentang perekonomian nasional semata-mata adalah retorika untuk bahan bakar kampanye guna menyingkirkannya.

"Jika kita berada dalam krisis ekonomi, pasti lembaga rating akan menurunkan peringkat kami. IMF (Dana Moneter Internasional) dan Bank Dunia akan mengeluarkan kritik dan membahas langkah-langkah yang pemerintah harus mengadopsi," kata dia. Ia menambahkan, tidak adanya langkah-langkah itu membuktikan Malaysia berada di tangan yang baik dan tidak ada alasan untuk cemas.

Puluhan ribu warga Malaysia membanjiri jalan-jalan ibukota pada hari Sabtu untuk melakukan aksi demonstrasi Bersih 5. Aksi protes ini diselenggarakan oleh kelompok jajak pendapat reformasi Bersih 2.0 untuk menuntut reformasi demokratis, pemerintahan yang bersih dan pengunduran diri Najib Razak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4957 seconds (0.1#10.140)