Turki Minta Trump Ekstradisi Gulen

Kamis, 10 November 2016 - 06:13 WIB
Turki Minta Trump Ekstradisi Gulen
Turki Minta Trump Ekstradisi Gulen
A A A
ANKARA - Perdana Menteri Turki telah meminta Donald Trump untuk mengekstradisi ulama Muslim yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen segera setelah ia dilantik. Ankara menyalahkan Gulen atas kudeta yang gagal pada bulan Juli.

Binali Yildirim mengatakan bahwa ia berharap kepemimpinan baru di AS akan mempertimbangkan kepekaan Turki mengenai perang melawan terorisme. Ia juga berharap AS memberikan prioritas kebijakan yang akan membawa perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut serta memajukan persahabatan tradisional antara kedua negara seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (10/11/2016).

Hubungan AS-Turki memburuk sejak kudeta 15 Juli dan penolakan AS untuk tunduk pada tuntutan Turki mengenai Gulen. Dia dituduh koordinasi kegiatan "teroris" di Turki dari negara bagian Pennsylvania melalui apa digambarkan pemerintah Erdogan sebagai Organisasi Teror Fethullah (Feto).

Pihak berwenang AS sendiri saat ini sedang mempelajari bukti terhadap Gulen yang disediakan oleh Turki sebelum memutuskan apakah mengekstradisi mantan sekutu Erdogan itu atau tidak.

Gulen, yang telah tinggal di AS sejak 1999, mengaku menjalankan jaringan agama dan pendidikan yang damai dan disebut Gerakan Gulen. Ia pun membantah telah mendalangi aksi kudeta di Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6125 seconds (0.1#10.140)