AS dan Malaysia Turut Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi Unjuk Rasa

Jum'at, 04 November 2016 - 16:52 WIB
AS dan Malaysia Turut Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi Unjuk Rasa
AS dan Malaysia Turut Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi Unjuk Rasa
A A A
JAKARTA - Selain Australia, ada dua Kedutaan Besar lainnya yang memperingatkan warganya untuk menjauh lokasi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah ormas Islam pada hari ini, Jumat (4/11/2016). Dua Kedubes itu adalah Kedubes Amerika Serikat (AS) dan Malaysia.
Dalam imbauan yang diunggah situs resmi mereka, Kedubes AS di Jakarta mengatakan, walaupun unjuk rasa ini adalah aksi damai, tapi tetap ada kemungkina terjadi kericuhan. Oleh karena itu, mereka meminta warganya untuk menjauhi lokasi unjuk rasa.
"Warga AS diingatkan, meskipun demonstrasi dimaksudkan untuk menjadi aksi damai, tapi tetap bisa berubah konfrontatif dan meningkat menjadi kekerasan. Terdapat kemungkinan beberapa kelompok ekstrimis bisa mengambil keuntungan dari protes dan menghasut atau melakukan kekerasan. Anda harus menghindari area demonstrasi, dan berhati-hati jika berada di sekitar lokasi pertemuan, protes, atau demonstrasi," bunyi imbauan yang dikeluarkan oleh Kedubes AS.
Imbauan serupa juga disampaikan oleh Kedubes Malaysia. Mereka mendesak seluruh warga Malaysia untuk menghindari lokasi demonstrasi dan meningkatkan kewaspadaan jika berada di sekitar lokasi demonstrasi.
"Warga Malaysia di Jakarta disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan sehubungan keamanan diri, serta keluarga dan menghindari berada di daerah yang terlibat dan lingkungan yang telah diidentifikasi oleh polisi lokal, seperti Monas, Masjid Istiqlal, Balaikota, Tangerang dan Bekasi," kata Kedubes Malaysia.
"Rakyat Malaysia disarankan untuk memantau kondisi dan mematuhi instruksi pemerintah daerah serta mendaftar diwww.kln.gov.mydi bawah Online Services> e-Consular," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6247 seconds (0.1#10.140)
pixels