Kapal China Mulai Tinggalkan Wilayah Laut China Selatan

Jum'at, 28 Oktober 2016 - 20:07 WIB
Kapal China Mulai Tinggalkan Wilayah Laut China Selatan
Kapal China Mulai Tinggalkan Wilayah Laut China Selatan
A A A
MANILA - Kapal-kapal China dilaporkan mulai meninggalkan kawasan Laut China Selatan, tepatnya di wilayah Scarborough Shoal. Scarborough Shoal adalah tumpukan terumbu karang yang diklaim oleh China sebagai pulau milik mereka.
Laporan mengenai mulai mundurnya kapal China dari wilayah tersebut dibenarkan oleh Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana. Ia menyatakan, kapal China meninggalkan kawasan itu sejak tiga hari lalu.
"Sejak tiga hari lalu tidak ada lagi kapal China di sana, baik itu kapal Penjaga Pantai atau kapal biru tua, di daerah Scarborough," kata Lorenzana saat berbicara kepada wartawan di Manila.
"Jika kapal China telah meninggalkan wilayaj itu, maka itu berarti kapal nelayan kita bisa melanjutkan memancing di daerah tersebut," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Jumat (28/10).
Namun sayangya Lorenzana tidak menjelaskan situasi di balik alasan China mengakhiri blokade empat tahun di kawasan itu. Kawasan tersebut merupakan pusat kasus arbitrase yang Manila menangkan pada bulan Juli lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4410 seconds (0.1#10.140)