Bocah 13 Tahun Temukan Alat Energi Bersih Berbiaya Murah

Minggu, 23 Oktober 2016 - 10:17 WIB
Bocah 13 Tahun Temukan Alat Energi Bersih Berbiaya Murah
Bocah 13 Tahun Temukan Alat Energi Bersih Berbiaya Murah
A A A
WASHINGTON - Seorang bocah perempuan berusia 13 tahun dari Ohio berhasil menemukan alat yang mampu menghasilkan energi angin dan listrik. Lewat temuannya ini, ia menyabet gelar America Top Young Scientist dalam acara Discovery Education 3M Young Scientist Challenge.

Maanasa Mendu berhasil menciptakan alat yang diberi nama "Daun Surya" untuk menghasilkan energi angin dan listrik. Untuk membuat alat ini dibutuhkan biaya yang cukup murah hanya USD5 atau sekitar Rp65 ribu.

Seperti dikutip dari Bussines Insider, Minggu (23/10/2016), Mendu terinspirasi membuat alat tersebut setelah melakukan kunjungan ke India. Di sana ia melihat banyak orang yang tidak memiliki akses air bersih yang terjangkau dan listrik. Niatan awalnya adalah hanya untuk memanfaatkan energi angin.

Namun niatan itu bergeser menjadi ke jenis yang berbeda dari sekedar mengumpulkan energi. Dibantu oleh mentornya dari 3M, Margauz Mitera, Mendu pun membangun inspirasinya dari fungsi tanaman. Ia mulai fokus pada proyek "Daun Surya" yang memanfaatkan energi getaran.

Cara kerja alat ini adalah dengan menampung energi dari curah hujan, angin, dan matahari menggunakan sel surya dan bahan piezoelektrik (bagian dari daun yang mengambil pada getaran). Kumpulan energi ini kemudian diubah menjadi energi yang dapat digunakan.

Berkat temuannya ini, Mendu menggondol uang hadiah sebesar USD25 ribu. Mendu pun ingin mengembangkan prototipe temuannya lebih lanjut dan melakukan lebih banyak tes sehingga suatu hari ia bisa membuatnya secara komersil.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)