Iran Bantah Persenjatai Pemberontak Houthi di Yaman

Senin, 19 September 2016 - 17:49 WIB
Iran Bantah Persenjatai Pemberontak Houthi di Yaman
Iran Bantah Persenjatai Pemberontak Houthi di Yaman
A A A
NEW YORK - Pemerintah Iran membantah bahwa mereka telah memberikan dukungan logistik, berupa senjata kepada kelompok pemberontak Yaman, Houthi. Tudingan itu sendiri dilayangkan oleh Arab Saudi.
Tudingan itu tertuang dalam surat yang dikirimkan Suadi ke Dewan Keamanan (DK) PBB. Dalam surat itu, Saudi meminta DK PBB untuk menjatuhkan sanksi kepada Iran karena memberikan dukungan kepada Houthi.
Merespon hal ini, perwakilan tetap Iran untuk PBB mengatakan, apa yang disampaikan oleh Saudi tidak didasari oleh bukti yang kongkrit. Iran menyebut, harusnya Saudi yang dijatuhi hukuman, karena terus menerus melakukan serangan terhadap warga Yaman.
"Klaim yang ditegaskan dapat dilihat dalam surat Arab Saudi, sebuah klaim yang tidak berimbang, yang tidak pernah bisa dibuktikan kebenarannya," kata perwakilan Iran untk PBB dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Senin (19/9).
"Arab Saudi telah selama lebih dari satu setengah tahun, terlibat dalam skala penuh, perang yang tidak berimbang terhadap rakyat Yaman, dan telah melakukan kejahatan yang tak terbantahkan terhadap warga sipil tak berdaya, anak-anak dan perempuan di negara itu," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3714 seconds (0.1#10.140)