Trump Akhirnya Akui Obama Lahir di AS

Sabtu, 17 September 2016 - 00:04 WIB
Trump Akhirnya Akui...
Trump Akhirnya Akui Obama Lahir di AS
A A A
WASHINGTON - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, akhirnya mengakui fakta bahwa Presiden Barack Obama lahir di negara itu. Sebelumnya, Trump selalu menolak fakta Obama lahir di negara itu sehingga menghidupkan kembali gerakan birtherism.

"Presiden Barack Obama lahir di Amerika Serikat. Sekarang kita ingin semua kembali membuat Amerika kembali besar," kata Trump seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (16/9/2016).

Trump pun melemparkan kesalahan kepada rivalnya, Hillary Clinton. Menurutnya, Hillary-lah yang melahirkan gerakan britherism. Gerakan britherism adalah gerakan yang menyangkal jika Presiden Obama lahir di AS.

"Hillary Clinton dan kampanyenya tahun 2008 yang memulai kontroversi brither. Dan aku telah selesai dengan itu," katanya lagi.

Namun tudingan ini dibantah oleh Hillary dan mengatakan jika Trump berhutang maaf kepada Obama. "Bayangkan, seseorang di Oval Office memperdagangkan teori konspirasi dan ia menolak untuk mengakhirinya. Bayangkan seseorang yang mendistorsi fakta. Bayangkan seseorang yang melihat orang lain tidak sama seperti dirinya dan berpikir jika orang itu bukan orang Amerika," serang Hillary.

"Donald Trump tidak layak untuk menjadi presiden AS. Trump melihat seorang hakim federal yang terhormat lahir di Indiana sebagai seorang Meksiko, bukan orang Amerika. Dia melihat sebuah keluarga Gold Star dan melihat mereka sebagai Muslim, bukan orang Amerika yang patriotik. Dia melihat wanita dan menilai mereka dalam skala satu sampai sepuluh. Sudah saatnya bagi negara kita untuk melihat dia dan melihat dia untuk siapa," tegasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)