Gelombang Demonstrasi Anti Presiden Baru Landa Brazil

Kamis, 08 September 2016 - 07:54 WIB
Gelombang Demonstrasi Anti Presiden Baru Landa Brazil
Gelombang Demonstrasi Anti Presiden Baru Landa Brazil
A A A
BRASILIA - Aksi protes terhadap presiden baru Brazil, Michel Temer, terjadi di puluhan kota. Temer, sebelumnya Wakil Presiden, menjadi presiden setelah Dilma Rousseff dimakzulkan senat Brazil.

Portal berita G1 melaporkan aksi demonstrasi terjadi di 40 kota bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Brazil. Aksi ini juga bertepatan dengan pembukaan Paralimpiade di Rio de Janeiro, dikutip dari Belfast Telegraph, Kamis (8/9/2016).

Protes terbesar terjadi di Sao Paulo, yang menjadi pusat keuangan negara. Koordinator aksi demonstrasi mengklaim puluhan ribu demonstran tumpah ruah di Paulista Avenue di jantung kota. Sedangkan aksi demonstrasi di kota lainnya relatif lebih kecil

Temer mengambil alih kekuasaan pekan lalu setelah pendahulunya Dilma Rousseff dimakzulkan oleh Senat. Senat Brazil menyatakan Rousseff melanggar hukum tanggung jawab fiskal dalam pengelolaan anggaran.

Rousseff menolak tuduhan yang dialamatkan kepadanya dan menilai pemakzulan dirinya sebagai kudeta. Rousseff pun memberikan perlawanan dengan mengajukan banding ke Mahkamah Agung terhadap keputusan pemakzulan dirinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6381 seconds (0.1#10.140)