Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Oklahoma

Minggu, 04 September 2016 - 03:56 WIB
Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Oklahoma
Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Oklahoma
A A A
OKLAHOMA - Oklahoma diguncang salah satu gempa terkuat yang pernah tercatat di wilayah itu. Gempa berkekuatan 5,6 SR itu mengguncang daerah sebelah barat laut Pawnee pada Sabtu pagi.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (4/9/2016), getaran gempa turut dirasakan dari South Dakota hingga ke Texas. Hal ini memicu penutupan 35 sumur pembuangan air limbah di daerah.

Gempa yang terjadi di Oklahoma adalah gempa dangkal yang terjadi di 14 km barat laut dari Pawnee di pusat utara Oklahoma pada pukul 7:02 waktu setempat. "Kekuatan gempa yang mencapai 5,6 sama dengan gempa 2011 yang tercatat sebagai yang terbesar yang pernah terjadi di negara bagian," kata U.S. Geological Survey (USGS).

Tidak ada laporan cedera di Pawnee, di mana sekitar 25 persen dari penduduknya adalah penduduk asli Amerika. Kerusakan di kota tampak kecil, dan Pawnee Nation menyatakan keadaan darurat di daerah tersebut.

Walikota Pawnee, Brad Sewell mengatakan, gempa berlangsung hampir satu menit, jauh lebih lama dari yang sebelumnya yang hanya berlangsung satu atau dua detik. "Bagian dari fasad bangunan bank awal abad ke-20 jatuh ke jalan pusat kota," katanya.

Kedalaman gempa bumi yang hanya 6,6 km memicu kekhawatiran tentang dampak lingkungan dari pengeboran minyak dan gas, yang dituding menjadi penyebab lonjakan besar gempa minor sampai sedang di wilayah tersebut. Ekonomi Oklahoma sangat tergantung pada produksi energi, yang menyumbang satu dari setiap empat pekerjaan di negara bagian.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7116 seconds (0.1#10.140)