Lepas Landas dari Iran, Pembom Rusia Gempur Basis ISIS di Suriah

Selasa, 16 Agustus 2016 - 18:26 WIB
Lepas Landas dari Iran,...
Lepas Landas dari Iran, Pembom Rusia Gempur Basis ISIS di Suriah
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia menuturkan, mereka kembali melakukan serangan udara terhadap basis pemerontak dan ISIS yang berada di Suriah. Namun yang berbeda, serangan ini dilancarakan oleh jet tempur Rusia yang berbasis di Iran.

Ini adalah kali pertama Rusia melancarakan serangan udara dari Iran. Sebelumnya, Rusia selalu melancarakan serangan udara dari pangkalan militer pemerintah Suriah yang berada di sekitaran Damaskus.

"Serangan udara terhadap basis militan di Suriah telah dilakukan oleh pesawat pembom jarak jauh Tupolev-22M3 dan pembom tempur Sukhoi-34, yang diluncurkan dari pangkalan udara Hamadan Iran," kata Kemhan Rusia, seperti dilansir Reuters pada Selasa (16/8).

Kementerian itu mengatakan, serangan yang berlangsung pagi tadi tersebut menargetkan basis ISIS dan al-Nusra yang berada di Aleppo, Idlib dan juga provinsi Deir al Zour.

"Pesawat-pesawat yang diluncurkan dari Iran mendapatkan pengawalan dari jet-jet tempur Rusia yang berbasis di pangkalan udara Hmeymim, yang berada di Latakia, Suriah, saat melakukan operasi," sambungnya.

Moskow memang berusaha untuk memperluas upaya mereka melawan ISIS di Suriah. Penggunaan pangkalan udara Iran adalah salah satu upaya Rusia untuk memperluas upayanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1387 seconds (0.1#10.140)