Putin Mendadak Pecat Kepala Stafnya yang Juga Eks Bos KGB

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 00:14 WIB
Putin Mendadak Pecat Kepala Stafnya yang Juga Eks Bos KGB
Putin Mendadak Pecat Kepala Stafnya yang Juga Eks Bos KGB
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin tiba-tiba memecat kepala stafnya Sergei Ivanov, 63. Sergei Ivanov ini merupakan mantan kepala Dinas Kemanan Soviet (KGB) yang sekarang menjadi FSB.

Ivanov telah menjadi kepala staf Presiden Putin selama lima tahun. Dia juga jadi bagian dari lingkaran rezim Putin selama bertahun-tahun.

Pemecatan Ivanov secara mendadak diumumkan Kremlin dalam sebuah pernyataan.”Putin telah memutuskan untuk meringankan Ivanov dari tugasnya sebagai kepala administrasi kepresidenan Rusia,” bunyi pernyataan Kremlin, seperti dikutip BBC, semalam (12/8/2016).

Putin tidak memberikan alasan perihal pemecatan kepala stafnya.

Situs resmi Kremlin—dalam bahasa Rusia—memuat biografi Ivanov. Dia lahir di Tallinn, Estonia, pada tahun 1972. Dia lulus dari Hubungan Internasional Moscow State Institute (MGIMO) dan bertugas di Kedutaan Besar Rusia di Tokyo. Setelah itu, dia ditunjuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Ketika ditunjuk sebagai pejabat tinggi Kremlin, Ivanov pernah menyampaikan ucapan apresiasi pada Putin.”Terima kasih atas kepercayaan Anda, saya pikir tugas yang paling penting pemerintahan adalah untuk mendukung aktivitas Anda sebagai kepala negara dalam hal hukum penyusunan dan kontrol atas bagaimana instruksi Anda diimplementasikan,” kata Ivanov kala itu.

Sementara itu, Presiden Putin di sebuah stasiun televisi Rusia pada hari Jumat mengatakan bahwa Ivanov telah diminta untuk meninggalkan pos, dan digantikan oleh Vaino.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4960 seconds (0.1#10.140)