Abu Bakar Shekau Mengaku Masih Memimpin Boko Haram

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 01:03 WIB
Abu Bakar Shekau Mengaku Masih Memimpin Boko Haram
Abu Bakar Shekau Mengaku Masih Memimpin Boko Haram
A A A
LAGOS - Abu Bakar Shekau mengatakan ia masih memimpin Boko Haram hanya selang satu hari kelompok itu mengumumkan pergantian di pucuk pimpinan di kelompok militan itu. Hal ini memperlihatkan keretakan terbesar namun di antara gerilyawan pemberontak Nigeria itu.

Sebelumnya ISIS mengumumkan bahwa Abu Musab al-Barnawi adalah pemimpin baru yang disebut provinsi Afrika Barat tersebut. Pengumuman itu dikabarkan surat kabar berbahasa Arab, al-Nabaa, sayap media milik ISIS.

Baca juga:
Pemimpin Baru Boko Haram Berjanji Tidak Akan Serang Masjid


Dalam sebuah pidato audio yang diklaim berasal dari Shekau, pria 42 tahun itu mengkritik al-Barnawi. Ia juga mengatakan pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, tidak menanggapi surat yang menjelaskan bahwa al-Barnawi adalah orang kafir memberitakan kredo palsu seperti dikutip dari USA Today, Jumat (5/8/2016).

Shekau juga menyoroti perbedaan ideologi dan al-Barnawi, yang telah berjanji untuk mengakhiri serangan terhadap masjid dan pasar yang digunakan oleh umat Islam. Serangan terhadap masjid dan pasar selama ini menjadi ciri khas Boko Haram.

Pada Maret 2015, Shekau berjanji setia kepada al-Baghdadi dan memberi ISIS sayap kelompok pertama di sub Sahara Afrika.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)
pixels