China Serang Balik Jepang Soal Laut China Selatan

Rabu, 03 Agustus 2016 - 19:07 WIB
China Serang Balik Jepang Soal Laut China Selatan
China Serang Balik Jepang Soal Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Pemerintah China melakukan manuver balasan atas kritik dan ancaman yang dilontarkan Jepang dengan Laut China Selatan. Beijing dengan tegas menyatakan sangat tidak puas dengan apa yang disampaikan Jepang, dan menyebut Tokyo telah campur tangan dalam urusan dalam negeri China.

"Buku putih yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Jepang berisi tuduhan tidak berdasar terhadap kegiatan pertahanan dan militer yang normal dilakukan China dan mereka campur tangan dalam urusan dalam negeri China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (3/8).

"Beijing sangat tidak puas dengan klaim Jepang dan telah mengajukan representasi serius dengan pihak Jepang. Saya menegaskan bahwa China tidak pernah setuju dengan putusan Den Haag dan akan terus melakukan patroli di wilayah kami," sambungnya.

Dalam buku putih yang berisi ulasan pertahanan tahunan Jepang itu, berisis keprihatinan yang mendalam atas pembangkangan China terhadap putusan Pengadilan Tetap Arbitrase (PCA) soal sengketa Laut China Selatan.

Jepang meminta China untuk mematuhi putusan yang disebut Tokyo sebagai putusan yang mengikat. Dalam ulasan pertahanan yang disetujui oleh Pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe, Jepang memperingatkan bahwa ada “konsekuensi yang tidak diinginkan” atas pembangkangan China terhadap aturan internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5331 seconds (0.1#10.140)