Eks Pangti NATO: Putin Bisa Picu PD III dalam Hitungan Jam

Minggu, 24 Juli 2016 - 06:33 WIB
Eks Pangti NATO: Putin...
Eks Pangti NATO: Putin Bisa Picu PD III dalam Hitungan Jam
A A A
BRUSSELS - Mantan Wakil Panglima NATO, Jenderal Sir Richard Shirreff, mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin bisa memicu Perang Dunia (PD) III setiap saat dengan memutuskan menginvasi Polandia dalam hitungan jam. Putin disebut memiliki pasukan yang siap meluncurkan pengambilalihan secara kilat Eropa Timur guna memicu konflik global.

Dan jika negara-negara NATO gagal menanggapi ancaman tersebut dengan tekad kuat, kata Shirreff, konflik di masa depan bisa memiliki konsekuensi yang fatal bagi aliansi selama puluhan tahun.

"Jelas bahwa Rusia mampu mengejutkan Barat dengan implikasi yang berpotensi merugikan untuk Polandia timur dan konsekuensi yang fatal bagi Aliansi," katanya seperti dikutip dari Daily Express, Minggu (24/7/2016).

Shirreff bahkan mengatakan bahwa gelombang besar pasukan Moskow bisa saja masuk ke Polandia dan memotong pertahanan gabungan negara-negara Baltik termasuk Lithuania dan Latvia, memotong keduanya dari aliansi.

Dikatakan Shirreff, satu-satunya cara mencegah Putin menciptakan konflik yang besar di Eropa Timur adalah dengan meningkatkan jumlah pasukan secara signifikan di Polandia. Keberadaan pasukan ini membutuhkan penyebaran yang besar dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

"Ada kebutuhan mendesak untuk memperkuat kemampuan pertahanan Polandia untuk mengurangi godaan Rusia melakukan serangan mendadak di musim semi. Anggota NATO tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membangun berbagai kemampuan yang diperlukan untuk bertahan guna mencegah kebangkitan kembali dan sifat agresif Rusia," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0687 seconds (0.1#10.140)