AS Tawarkan Bantuan Selidiki Upaya Kudeta Turki

Rabu, 20 Juli 2016 - 14:53 WIB
AS Tawarkan Bantuan Selidiki Upaya Kudeta Turki
AS Tawarkan Bantuan Selidiki Upaya Kudeta Turki
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menawarkan bantuan kepada Turki untuk melakukan penyelidikan terhadap upaya kudeta di Turki. Tawaran ini disampaikan langsung oleh Presiden AS Barack Obama saat melakukan perbicangan telepon dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Dalam sebuah pernyataan Gedung Putih menuturkan, dalam perbicangan tersebut Obama mengatakan bahwa penyelidikan terhadap upaya kudeta ini harus dilakukan sesuai dengan supremasi hukum, dan AS siap memberikan bantuan untuk itu.

"Obama sangat mengutuk pemberontakan dan mendesak bahwa penyelidikan dan penuntutan pelaku kudeta ini dilakukan dengan cara-cara yang memperkuat kepercayaan publik di lembaga-lembaga demokratis dan supremasi hukum," kata Gedung Putih.

"Obama menegaskan, AS bersedia untuk memberikan bantuan yang tepat kepada pihak berwenang Turki dalam menyelidiki upaya kudeta," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (20/7).

Gedung Putin juga menuturkan bahwa dalam perbicangan tersebut Obama memuji tekad masyarakat Turki dalam intervensi kekerasan tersebut dan komitmen mereka untuk terhadap demokrasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6574 seconds (0.1#10.140)