Mantan Walikota London Ditunjuk Jadi Menlu Baru Inggris

Kamis, 14 Juli 2016 - 14:36 WIB
Mantan Walikota London Ditunjuk Jadi Menlu Baru Inggris
Mantan Walikota London Ditunjuk Jadi Menlu Baru Inggris
A A A
LONDON - Perdana Menteri baru Inggris, Theresa May langsung melakukan perombakan kabinet paska resmi menjadi pemimpin baru Inggris. Hampir semua pejabat eks pemerintah David Cameron dicopot, termasuk di dalamnya posisi Menteri Luar Negeri.

May dilaporkan telah menunjuk sosok Borish Jonhson sebagai Menteri Luar Negeri baru Inggris, menggantikan Philip Hammond. Menurut pernyataan Downing Street, kantor Perdana Menteri Inggris, Ratu Elizabeth telah menyetujui Johnson sebagai Menteri Luar Negeri Baru Inggris.

"Ratu telah berkenan menyetujui pengangkatan Boris Johnson MP sebagai Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran," kata Downing Street dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (14/7/2016).

Johnson merupakan salah satu pendukung paling vokal untuk kampanye meninggakan Uni Eropa (UE) selama referendum Brexit. Dalam posisi barunya, Johnson akan memainkan peran kunci dalam negosiasi Brexit mendatang dengan Uni Eropa. Sebagai Menteri Luar Negeri, ia juga akan memiliki wewenang eksekutif atas misi diplomatik Inggris.

Pria nyentrik itu sendiri sejatinya sempat digadang-gadang sebagai calon kuat Perdana Menteri baru Inggris, dan menggeser Cameron. Namun, karena mulai banyak yang meragukan gaya kepemimpinannya, Johnson gagal merebut posisi Perdana Menteri Inggris.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6730 seconds (0.1#10.140)