Turki Kecam Komentar Paus Soal Genosida Armenia

Minggu, 26 Juni 2016 - 20:51 WIB
Turki Kecam Komentar Paus Soal Genosida Armenia
Turki Kecam Komentar Paus Soal Genosida Armenia
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki naik pitam atas komentar Paus Francis terkait pembunuhan massal atau genosida warga Armenia oleh pasukan Turki pada Perang Dunia (PD) I.

Turki mengatakan, deskripsi Paus Francis atas kasus genosida Armenia menunjukkan mentalitas Perang Salib. "Pernyataan Paus tidak ada hubungannya dengan kenyataan," kata Wakil Perdana Menteri Turki, Nurettin Canikli, seperti disitir dari BBC, Sabtu (26/6/2016).

Canikli pun menggambarkan komentar Paus sebagai sebuah kemalangan. "Hal ini mungkin untuk melihat semua keunggulan atau refleksi dari mentalitas Perang Salib dalam kegiatan Paus," katanya.

Armenia dan banyak sejarahwan mengatakan, hingga 1,5 juta orang Kristen Armenia dibunuh oleh pasukan Turki Ottoman pada tahun 1915. Tapi, Turki menyangkal jumlah dan pembunuhan itu sebagai genosida. Turki menyatakan kematian itu adalah bagian dari konflik sipil yang dipicu PD I.

Sebelumnya, Paus Francis membuat komentar terkait genosida Armenia selama kunjungannya ibukota Armenia, Yerevan. "Tragedi ini, genosida ini, sayangnya menandai dimulainya serangkaian kesedihan terhadap bencana besar pada abad terakhir," katanya.

Baca juga: Paus Francis Berdoa Tak Ada Lagi Tragedi Seperti Genosida Armenia
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7037 seconds (0.1#10.140)