Dokumen Terkait Penyiksaan Tahanan yang Dilakukan CIA Dirilis

Rabu, 15 Juni 2016 - 15:49 WIB
Dokumen Terkait Penyiksaan Tahanan yang Dilakukan CIA Dirilis
Dokumen Terkait Penyiksaan Tahanan yang Dilakukan CIA Dirilis
A A A
WASHINGTON - Lebih dari 50 dokumen terkait program penyiksaan terhadap tahanan yang dijalankan oleh CIA dirilis. Hal itu menanggapi gugatan yang diajukan di bawah undang-undang kebebasan informasi oleh American Civil Libertien Union (ACLU).

"Dokumen itu menggarisbawahi kekejaman metode yang digunakan badan rahasia dan penjara rahasia di luar negeri. Perlu ditekankan, bahwa catatan ini mendokumentasikan kejahatan besar, dimana tidak ada pejabat senior yang telah bertanggung jawab," kata Wakil Direktur ACLU, Jameel Jaffer, seperti dikutip dari LA Times, Rabu (15/6/2016).

Dokumen itu terdiri dari 900 halaman milik badan intelijen Amerika Serikat (AS) yang telah diklasifikasikan, laporan interogasi dan penyelidikan internal. Dokumen tersebut secara terperinci mengungkap tentang penggunaan penyiksaan yang dilakukan oleh CIA setelah serangan 11 September.

Dokumen tersebut juga mengungkapkan perdebatan di dalam lembaga dan pemerintahan Bush tentang efektivitas teknik interogasi brutal CIA dan penggunaan penjara rahasia pada 2002-2008.

Beberapa dokumen yang dikutip, namun tidak dirilis, menunjukan bagaimana Komite Intelijen Senat murka pada 2014 terhadap laporan program penyiksaan. Laporan itu menyimpulkan bahwa penyiksaan tidak bekerja dan bahwa pejabat CIA telah menyesatkan Kongres, Gedung Putih, Departemen Kehakiman dan masyarakat.

Presiden AS saat ini, Barack Obama, telah menghentikan program penyiksaan terhadap tawanan. Pun begitu dengan Direktur CIA saat ini, John Brennan yang mengatakan CIA tidak akan menggunakan metode penyiksaan lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3323 seconds (0.1#10.140)