Rekonsiliasi Hamas-Fatah Kembali Dimulai

Senin, 13 Juni 2016 - 18:57 WIB
Rekonsiliasi Hamas-Fatah Kembali Dimulai
Rekonsiliasi Hamas-Fatah Kembali Dimulai
A A A
DOHA - Rekonlisiasi antara Hamas dan Fatah akan kembali dimulai di Doha, Qatar. Juru bicara Hamas, Husam Badran mengatakan pihak sebenarnya pesimis dengan hasil pertemuan tersebut.

Pembicaraan untuk menyatukan kembali dua faksi terbesar di Palestina itu diinisiasi oleh Mesir, Qatar, Arab Saudi atau Turki. Badran menuturkan, pihaknya sangat menghargai upaya yang dilakukan oleh keempat negara tersebut.

"Kami menyambut setiap upaya yang diberikan oleh Mesir, Qatar, Arab Saudi atau Turki yang berusaha untuk mengakhiri perpecahan di Palestina. Saya kira bahwa pertemuan ini akan menjadi tidak meyakinkan, walaupuan saya berharap ini tidak terjadi," ucap Badran.

"Kita akan melakukan pertemuan dengan hati yang terbuka dan kami akan menjadi yang paling serius untuk mencapai rekonsiliasi saat ini," sambungnya, seperti dilansir MEMO pada Senin (13/6).

Badran mencatat bahwa mengakhiri perpecahan antara dua faksi memungkinkan masalah Palestina untuk mendapatkan kembali perhatian dan membuatnya lebih kuat dalam memerangi proyek Judaisation yang dilakukan Israel.

Rekonsiliasi sebelumnya terjadi sekitar tahun 2014 lalu, dimana rekonsliasi itu menghasilkan pemerintahan bersatu Palestina yang dipimpin oleh Perndana Menteri Rami Hamdallah. Namun, sayangnya rekonsiliasi itu hanya bertahan selama setahun, yang ditandai dengan bubarnya pemerintahan bersatu Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)