Rusia Sarankan Israel dan Palestina Lakukan Pertukaran Wilayah

Jum'at, 03 Juni 2016 - 17:39 WIB
Rusia Sarankan Israel...
Rusia Sarankan Israel dan Palestina Lakukan Pertukaran Wilayah
A A A
PARIS - Utusan khusus Rusia untuk imur Tengah dan Afrika, yang juga merupakan wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov menyatakan masalah demarkasi antara Israel dan Palestina dapat diselesaikan dengan melakukan pertukaran teritorial.

"Perbatasan harus dibentuk antara Israel dan Palestina. Perbatasan ini memungkinkan adanya pertukaran wilayah yang tepat dan memadai, dengan mempertimbangkan bahwa pendekatan tersebut memungkinkan untuk menyelesaikan masalah permukiman Israel di Tepi Barat," kata Bogdanov, seperti dilansir Itar-tass pada Jumat (3/6).

Bogdanov yang berbicara saat menghadiri konferensi perdamamian internasional di Paris, Prancis, mengemukakan hal ini memungkinkan Israel untuk tetap membangun pemukiman Yahudi. Tapi, dengan syarat warga Palestina mendapatkan hak atas wilayah mereka.

"Permukiman tersebut dapat tetap berlanjut di beberapa daerah dengan pemahaman bahwa dalam pertukaran untuk wilayah dengan pemukiman Israel, Palestina akan mendapatkan kompensasi yang sesuai dalam bentuk bagian dari wilayah itu. Ini adalah pertukaran wilayah yang saya maksud," sambungnya.

Konferensi perdamaian Timur Tengah sendiri merupakan pertemuan pertama untuk membahas penyelesaian konflik Israel dan Palestina. Namun, dalam pertemuan yang berlangsung mulai hari ini tersebut, pihak Palestina dan Israel tidak diundang.

Alasanya, pertemuan pertama ini baru membahas mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk memndamaikan kedua belah pihak. Dalam pertemuan lanjutan yang rencanannya akan digelar pada pertengahan tahun, Palestina dan Israel kemungkinan besar baru akan dihadirkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7256 seconds (0.1#10.140)