Lavrov: Rusia Tidak Akan Berikan Kuril ke Jepang

Selasa, 31 Mei 2016 - 20:26 WIB
Lavrov: Rusia Tidak Akan Berikan Kuril ke Jepang
Lavrov: Rusia Tidak Akan Berikan Kuril ke Jepang
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, Moskow tidak memiliki rencana untuk memberikan Kepulauan Kuril ke Jepang. Rusia juga tidak akan mengemis kepada Tokyo untuk perjanjian perdamaian Perang Dunia II.

"Kami tidak melakukan hal ini dan tidak akan melakukannya, kami tidak akan memberikan Kepulauan Kuril dan kami tidak akan mengemis kepada Jepang untuk perjanjian damai," tegas Lavrov seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (31/5/2016).

Sebelumnya, pasca bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Mei, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, bahwa ia menyarankan pendekatan baru untuk sengketa Kepulauan Kuril.

Sengketa wilayah atas Kepualaun Kuril telah membuat Jepang dan Rusia belum menandatangani perjanjian damai pasca Perang Dunia II. Jepang mengklaim sebagai pemilik dari pulau Kunashiri, Etorofu, pulau Shikotan dan Habomai dari kelompok pulau yang membagi Laut Okhotsk di Samudera Pasifik.

Moskow menyatakan bahwa Perjanjian Damai San Francisco pada 1951 telah menyerahkan kontrol terhadap Kepulauan Kuril kepada Uni Soviet. Hal ini sekaligus menetapkan kedaulatan Rusia atas Kuril dimana Tokyo menganggap kepulauan itu sebagai bagian dari wilayah bagian utara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)