Irak Siapkan Serangan Pamungkas ke Fallujah

Jum'at, 27 Mei 2016 - 22:36 WIB
Irak Siapkan Serangan Pamungkas ke Fallujah
Irak Siapkan Serangan Pamungkas ke Fallujah
A A A
BAGHDAD - Seorang pemimpin Syiah Irak mengatakan, dalam hitungan hari serangan terakhir untuk merebut kembali Fallujah dari tangan ISIS akan dilancarkan.

Pemimpin organisasi Badr yang didukung Iran, Hadi al-Amiri mengatakan, serangan awal yang telah dilakukan pada hari Senin lalu hampir selesai. Serangan awalan itu berujung dengan pengepungan terhadap kota yang terletak 50 km dari ibukota Irak itu.

Amiri bahkan menyatakan, 2016 akan menjadi tahun kemenangan atas ISIS yang menyatakan kekhalifahan atas sejumlah wilayah di Iran dan Suriah dua tahun lalu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (27/5/2016).

Amiri mengatakan pekan ini, koalisi paramiliter Syiah yang dikenal sebagai Popular Mobilization hanya akan mengambil bagian dalam operasi pengepungan. Mereka akan menyerahkan sepenuhnya pembebasan Fallujah kepada tentara Irak. "Popular Mobilization hanya akan pergi ke kota jika serangan militer gagal," katanya.

Fallujah adalah kota pertama di Irak yang jatuh ke tangan ISIS, pada bulan Januari 2014. Kota ini juga menjadi kota kedua terbesar yang dikuasai ISIS, setelah Mosul, dan menjadi basis mereka secara de facto.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8090 seconds (0.1#10.140)
pixels