Sekitar 30 Bocah Lelaki Suriah Diperkosa di Kamp Pengungsi Turki

Jum'at, 13 Mei 2016 - 10:53 WIB
Sekitar 30 Bocah Lelaki Suriah Diperkosa di Kamp Pengungsi Turki
Sekitar 30 Bocah Lelaki Suriah Diperkosa di Kamp Pengungsi Turki
A A A
ANKARA - Sekitar 30 bocah lelaki Suriah diperkosa selama berbulan-bulan di sebuah kamp pengungsi Turki. Pelaku mengakui kejahatan dan kini ditahan.

Laporan perkosaan terhadap bocah pengungsi Suriah ini muncul di tengah maraknya tuduhan bahwa Turki bukan negara aman bagi pencari suaka. Surat kabar BirGun, dalam laporannya menyebut pejabat Pemerintah Turki gagal untuk melindungi para pengungsi Suriah.

Sekitar 30 anak laki-laki Suriah tersebut diperkosa oleh petugas kebersihan di Kamp Pengungsi Nizip, di Antep, dari September 2015 hingga awal 2016.

Pelaku pemerkosaan yang diidentifikasi berinisial E.E., telah mengakui kejahatanya. Dia mengaku terpikat anak yang berusia delapan hingga 12 tahun untuk berhubungan seksual dengan dirinya.

Pelaku memberi imbalan 2 sampai 5 Lira Turki atau sekitar Rp9ribu-22 ribu. Pelaku ditahan untuk menjalani sidang.

Selain pengakuan E.E., anak-anak Suriah itu mampu menjelaskan secara rinci bagaimana mereka diperkosa di toilet kamp pengungsi.

Keluarga dari delapan anak telah mengajukan gugatan di pengadilan. Keluarga dari korban lainnya belum mengajukan gugatan karena khawatir akan dideportasi.

Meski kejahatan itu berlangsung berbulan-bulan, namun tidak terdeteksi oleh Kementerian Bencana dan Manajemen Darurat Authority (AFAD), yang mengurusi masalah kamp pengungsi. Sebaliknya, kasus perkosaan ini terungkap setelah personil militer melihat pelaku membawa anak-anak ke blind spot kamera.

Seorang perwira militer berpangkat tinggi yang berbicara dengan syarat anonim kepada BirGun, mengatakan pihak AFAD harus disalahkan atas kasus tersebut.

”AFAD bertanggung jawab pada kamp dan untuk bencana ini,” katanya, yang dikutip Jumat (13/5/2016).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4693 seconds (0.1#10.140)