Demonstran Terobos Zona Hijau, Komandan Pasukan Irak Dipecat

Kamis, 05 Mei 2016 - 22:04 WIB
Demonstran Terobos Zona Hijau, Komandan Pasukan Irak Dipecat
Demonstran Terobos Zona Hijau, Komandan Pasukan Irak Dipecat
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri (PM) Irak, Haider al-Abadi, memecat komandan pasukan khusus di Zona Hijau Baghdad. Ia dipecat setelah pengunjuk rasa melanggar wilayah yang dibentengi selama seminggu terakhir.

(Baca juga: Demonstran Syiah Serbu Parlemen, Baghdad Umumkan Keadaan Darurat)

Pemecatan terhadap komandan pasukan khusus Irak di Zona Hijau Baghdad dipandang sebagai indikasi otoritas keamanan berencana memperketat keamanan dan mengambil tindakan tegas terhadap para demonstran.

Analis Irak, Taif Jany mengatakan, keberhasilan demonstran menerobos Zona Hijau adalah sebuah pelanggaran keamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah bertahun-tahun frustasi dengan elit politik.

"Zona Hijau memperkuat penghalang literal antara Parlemen dan rakyat. Tidak hanya bisnis pemerintah dilakukan tanpa masukan rakyat, tetapi kami juga dibatasi oleh kawat berduri, penjaga, dan pagar beton besar," kata Jany dikutip dari Al Arabiya, Kamis (5/5/2016).

Jany mengatakan bahwa Zona Hijau telah menjadi titik pertikaian dan beberapa hari yang akan datang ada kecenderungan para pengunjuk rasa akan kembali ke daerah itu.

"Zona Hijau berisi rumah Anggota Parlemen dan pejabat tinggi dan ini merupakan perbedaan kelas yang signifikan yang menimbulkan pertanyaan: bagaimana Anda dapat mewakili kami jika Anda tidak tinggal di antara kita?," tanyanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6807 seconds (0.1#10.140)