Mesir Adili 237 Aktivis Anti Al-Sisi

Minggu, 01 Mei 2016 - 20:16 WIB
Mesir Adili 237 Aktivis Anti Al-Sisi
Mesir Adili 237 Aktivis Anti Al-Sisi
A A A
KAIRO - Sumber di pengadilan mengatakan, bahwa Mesir mengadili 237 aktivis yang ditangkap karena memprotes Presiden Abdel Fattah al-Sisi. Pengadilan terhadap para aktivis ini adalah yang pertama dilakukan pasca aksi demonstrasi yang dilakukan pada bulan ini.

Para aktivis tersebut diadili di empat pengadilan di Kairo dan pinggiran Giza. Mereka didakwa dengan dakwaan berunjuk rasa tanpa izin. Persidangan saat ini ditangguhkan. Jika terbukti bersalah, mereka menghadapi hukuman hingga 3 tahun seperti dikutip dari Reuters, Minggu (1/5/2016).

Sisi menghadapi kritik terkait kesepakatan pemerintah untuk memberikan dua pulau tak berpenghuni di Laut Merah, Tiran dan Sanafir, kepada Arab Saudi. Para pejabat Mesir dan Arab Saudi mengatakan bahwa sejatinya kedua pulau itu adalah milik Saudi yang diserahkan kepada Mesir untuk dilindungi pada tahun 1950.

Keputusan ini pun disambut dengan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan orang pada 15 April lalu. Aksi demonstrasi ini adalah yang terbesar sejak mantan jenderal itu mengambil alih kekuasaan pada 2014 lalu.

Aksi demonstrasi yang tadinya akan berlangsung selama dua hari ini berhasil digagalkan oleh pihak keamanan. Menurut lembaga HAM internasional, Human Rights Watch, pasukan keamanan Mesir telah menangkap 382 orang dalam aksi protes itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5020 seconds (0.1#10.140)