AS Siap Bantu Negara Teluk Lawan Iran

Rabu, 20 April 2016 - 15:47 WIB
AS Siap Bantu Negara...
AS Siap Bantu Negara Teluk Lawan Iran
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana untuk membantu militer negara-negara Teluk mengembangkan kemampuan mereka untuk bisa melawan Iran. Namun, bukan melawan dalam artian perang, tapi menurut seorang pejabat Kementerian Pertanhanan AS, ini dimaksukan untuk melawan kebijakan Iran di kawasan Timur Tengah.

Pejabat itu menuturkan, AS akan memberikan bantuan berupa pelatihan kepada Angakatan Laut negara-negara Teluk. Selain itu, AS juga akan melanjutkan operasi bersama dengan negara Teluk, yang sampai saat ini sudah berjalan selama kurang lebih enam bulan.

"AS mengusulkan untuk membantu pasukan khusus Teluk dan mengembangkan kapasitas Angkatan Laut mereka untuk mencegah Iran memasok senjata ke kelompok-kelompok yang mereka dukung," kata pejabat itu dalam kondisi anonim.

"Dalam kurun waktu hanya enam bulan, kami dan mitra koalisi kami mampu untuk mencegat empat pengiriman senjata di lepas pantai Yaman," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (20/4).

Pernyataan pejabat itu sendiri hanya beberapa saat sebelum keberangkatan Presiden AS Barack Obama ke Arab Saudi, yang tak lain adalah pemimpin Organiasi Kerjasama Teluk atau CGC. Dalam kunjunganya ke Saudi, Obama akan menemui Raja Salman, dan sejumlah pejabat tinggi Saudi lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3124 seconds (0.1#10.140)