KTT OKI Cela Aksi Teroris Hizbullah dan Intervensi Iran

Sabtu, 16 April 2016 - 22:14 WIB
KTT OKI Cela Aksi Teroris Hizbullah dan Intervensi Iran
KTT OKI Cela Aksi Teroris Hizbullah dan Intervensi Iran
A A A
ANKARA - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengecam aksi Hizbullah yang mendukung terorisme dan menyebabkan ketidakstabilan di wilayah Timur Tengah. OKI mengutuk aksi teroris Hizbullah di Suriah, Bahrain, Yaman, dan Kuwait

OKI menolak campur tangan Iran dalam urusan dalam negeri negara-negara Timur Tengah. OKI juga menyesalkan serangan terhadap kedutaan dan Konsulat Arab Saudi di Teheran dan di Meshad oleh pengunjuk rasa Iran pada bulan Januari lalu setelah Saudi mengeksekusi seorang ulama Syiah.

Pernyataan itu tertuang dalam pernyataan penutup menyusul KTT OKI selama dua hari di Istanbul, Turki. Menurut laporan, beberapa negara termasuk Lebanon mengambil sikap abstain terhadap pernyataan itu seperti dikutip dari laman Daily Star, Sabtu (16/4/2016).

Sementara kantor berita Iran, Mehr, melaporkan Presiden Iran Hassan Rouhani dan delegasinya tidak menghadiri sesi akhir pertemuan puncak itu. Hal itu dilakukan sebagai aksi protes atas beberapa artikel yang mengkritik Iran dan Hizbullah.

Pernyataan penutup itu juga menegaskan bahwa semua perselisihan harus diselesaikan berdasarkan piagam OKI dan PBB, yang mendukung cara-cara damai untuk mengakhiri perselisihan dan menahan diri dari penggunaan kekuatan.

Komunike itu juga mengutuk "agresi terhadap Azerbaijan" Armenia dan menyatakan harapan bahwa damai Suriah yang berlangsung di Jenewa akan berkontribusi dalam menyelesaikan perang saudara yang sudah berlangsung selama 5 tahun di Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5001 seconds (0.1#10.140)