Dubes Malaysia Tuding Mahatir Punya Agenda Terselubung

Selasa, 12 April 2016 - 21:39 WIB
Dubes Malaysia Tuding Mahatir Punya Agenda Terselubung
Dubes Malaysia Tuding Mahatir Punya Agenda Terselubung
A A A
JAKARTA - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim angkat bicara mengenai komentar yang kerap disampaikan oleh Mahatir Muhammad, yang menyerang Perdana Menteri Malaysia Nadjib Razak. Menurutnya, hal itu sah saja dilakukan, karena Malaysia adalah negara yang demokratis.

"Mahathir boleh cakap apa pun. Tapi, yang dia katakan bukanlah mewakili pemerintah. Pernyataan itu merupakan pernyataan dari seorang individu. Tuduhan yang datang dari Mahathir tak memiliki bukti kuat. Ini kita anggap hanya sebagai andaian, yang kita anggap sebagai niatan politik," ucapnya pada Selasa (12/4).

Selama ini, Mahatir kerap melontarkan tudikan pada 1MDB. Menurutnya, 1MDB saat ini menjadi badan paling dipantau dan diinvestigasi di seluruh dunia, yang membuat 1MDB secara tidak langsung menjadi badan paling terbuka di Malaysia. 1MDB mau tidak mau harus membuka diri kepada masyarakat Malaysia.

Oleh sebab itu, Zahrain menduga ada niatan terselubung di balik pernyataan keras yang kerap diutarakan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia terhadap Nadjib tersebut. "Mungkin Mahathir ada agenda sendiri. Tapi, saya tak tahu agenda dari Mahathir," pungkasnya.

Mahatir sendiri mulai sering muncul kembali setelah kasus 1MDB menguak beberapa bulan lalu. Mahatir menjadi salah satu pihak paling keras yang menyebut bahwa Nadjib melakukan korupsi di badan keuangan pemerintah Malaysia tersebut.

Sementara itu, Public Accountan Commite (PAC) baru saja merilis laporan mengenai penyelidikan kasus 1MDB, dimana laporan itu seperti mementahkan semua pernyataan yang pernah diutarakan oleh Mahatir. Badan yang bekerja di bawah Parlemen Malaysia itu menyebut, tidak ada indikasi adanya penyelewengan dana di 1MDB, dan Nadjib tidak terlibat langsung dalam pengurusan badan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3220 seconds (0.1#10.140)