RI-Prancis Terus Upayakan Kemerdekaan Palestina

Senin, 11 April 2016 - 21:57 WIB
RI-Prancis Terus Upayakan Kemerdekaan Palestina
RI-Prancis Terus Upayakan Kemerdekaan Palestina
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Prancis ternyata terus menjalin komunikasi terkait dengan upaya untuk memerdekakan Palestina. Komunikasi dengan Prancis dilakukan karena Prancis memiliki inisiatif untuk menggelar konferensi internasional soal Palestina dan Israel.

"Di semua pertemuan, ketika membahas mengenai masalah Timur Tengah, isu Palestina pasti dibawa serta. Kita juga tanya inisiatif Prancis itu, dan saat ini format sedang dimatangkan," kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

"Kita sudah komunikasi dengan Prancis dan juga Uni Eropa yang merupakan salah satu bagian dari kuartet," sambungnya saat menggelar brieifing di komplek Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Senin (11/4).

Inisiatif mengenai konferensi internasioal soal Palestina dan Israel pertama kali diungkapkan oleh mantan Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius pada Fenruari lalu. Kala itu Fabius mengatakan, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Prancis memiliki tugas untuk menjaga upaya damai guna menemukan solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

”Prancis akan terlibat dalam beberapa minggu mendatang terkait penyusunan konferensi internasional guna menyatukan para pihak dan mitra utama mereka, (seperti) Amerika, Eropa, Arab, terutama untuk melestarikan dan membuat solusi dua negara,” ucap Fabius.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)
pixels