AS Kecam Uji Coba Mesin Rudal Balistik Korut

Minggu, 10 April 2016 - 21:29 WIB
AS Kecam Uji Coba Mesin Rudal Balistik Korut
AS Kecam Uji Coba Mesin Rudal Balistik Korut
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memberikan teguran keras kepada Korea Utara (Korut) terhadap tindakan yang dianggap dapat mengacaukan situasi di Semenanjung Korea. Teguran itu dikeluarkan seiring klim keberhasilan Korut melakukan uji coba mesin rudal balistik antar benua (ICBM) yang bisa mencapai pantai AS.

"Kami juga melihat laporan klaim Korut telah mengembangkan teknologi mesin baru untuk ICBM," demikian pernyataan dari Deputi Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner, dikutip dari Daily Mail, Minggu (10/4/2016).

"Kami menyerukan Korut untuk menahan diri dari tindakan dan retorika yang lebih mengguncang wilayah tersebut dan fokus pada mengambil langkah-langkah konkrit untuk memenuhi komitmen dan kewajiban internasional," sambung Toner.

Sebelumnya, Korut menyatakan telah berhasil melakukan uji coba mesin rudal balistik antar benua yang baru. Mesin tersebut mampu membawa rudal Korut berisi hulu ledak nuklir hingga AS.

Menurut kantor berita KCNA, uji coba mesin tersebut diperintahkan dan dimonitor langsung oleh diktator muda Korut, Kim Jong-un.

(Baca juga: Korut Klaim Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7265 seconds (0.1#10.140)
pixels