AS: China Negara Paling Agresif di Asia

Rabu, 06 April 2016 - 15:24 WIB
AS: China Negara Paling...
AS: China Negara Paling Agresif di Asia
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter menilai, saat ini China menjadi negara yang paling agresif di kawasan Asia. Penilaian ini berdasarkan kebijakan yang diambil China di kawasan Laut China Selatan.

Carter menuturkan kebijakan agresif yang diambil di China dikawasan Laut China Selatan telah memaksa AS untuk turut campur di kawasan tersebut. AS ingin memastikan bahwa kebebasan bernavigasi masih berlaku di kawasan tersebut.

"Di sepanjang tahun lalu, China telah menjadi negara paling agresif di wilayah tersebut. Kami bereaksi sebagai bagian dari upaya untuk menyeimbangkan situasi di kawasan itu secara sepihak," kata Carter, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (6/4).

Carter menjelaskan, militer AS meningkatkan kehadiran militer mereka di wilayah Asia-Pasifik sebagai bagian dari kebijakan "Pivot untuk Asia" Presiden Barack Obama atau menyeimbangkan strategi.

"Kami diminta untuk melakukan lebih banyak, saya akan bekerja dengan negara-negara lain yang ingin berbuat lebih banyak dengan AS, dan kami berkomitmen untuk itu. Kami akan melakukan itu," tambah Carter.

"Asia Pasifik adalah wilayah dengan konsekuensi tunggal untuk AS dan sangat penting bagi Washington untuk tetap berkomitmen guna menjaga perdamaian dan keamanan di sana," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2669 seconds (0.1#10.140)