Pasukan Turki Gagalkan Serangan Bom Mobil

Jum'at, 18 Maret 2016 - 22:13 WIB
Pasukan Turki Gagalkan Serangan Bom Mobil
Pasukan Turki Gagalkan Serangan Bom Mobil
A A A
DIYARBAKIR - Tim penjinak bom otoritas keamanan Turki berhasil menonaktifkan sebuah bom di dalam sebuah kendaraan. Kendaraan itu di parkir di dekat gedung pemerintah di sebelah tenggara Turki.

Menurut sumber di kepolisian Turki, tim penjinak bom menemukan bom seberat 150 kg ditanam di sebuah kendaraan di kota Hani, Provinsi Diyarbakir. Provinsi Diyarbakir adalah wilayah utama suku Kurdi. Saat ini, polisi sedang memeriksa kamera keamanan di daerah itu sebagai bagian dari penyelidikan, seprti dikutip dari Reuters, Jumat (18/3/2016).

Sebelumnya, kelompok militan Kurdi, TAK, mengklaim bom bunuh diri di Ankara yang menewaskan 37 orang pekan ini. Mereka juga memperingatkan serangan lebih lanjut. Karena suasana yang tidak kondusif ini, untuk sementara Jerman menutup misi dan sekolah diplomatiknya di Turki.

Sedangkan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Ankara mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk memperhatikan tindakan pencegahan keamanan. Kedutaan Besar AS mengingatkan pada akhir pekan ini akan ada perayaan Newroz, Tahun Baru Kurdi.

Bom bunuh diri pada Minggu lalu adalah yang kedua dalam satu bulan ini di jantung Ankara yang diklaim oleh kelompok militan TAK. Peristiwa ini membuka fase baru yang berbahaya dalam perang Turki dengan militan Kurdi. Serangan mematikan menyebar ke kota-kota besar di luar wilayah tenggara Turki yang selama ini menjadi pusat konsentrasi konflik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3099 seconds (0.1#10.140)