Obama Teken Sanksi untuk Korut

Kamis, 17 Maret 2016 - 19:34 WIB
Obama Teken Sanksi untuk Korut
Obama Teken Sanksi untuk Korut
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, telah menandatangani sanksi yang akan dijatuhkan kepada Korea Utara (Korut). Sanksi dijatuhkan setelah Korut melakukan uji coba nuklir dan balistik pada awal tahun ini.

"Tindakan ini konsisten dengan komitmen lama kami untuk menerapkan tekanan berkelanjutan para rezim Korut," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest seperti dikutip dari laman ABC News, Kamis (17/3/2016).

"AS dan komunitas global tidak akan mentolerir kegiatan nuklir dan rudal balistik terlarang Korut, dan kami akan terus menjatuhkan sanksi kepada Korut sampai datang dan sesuai dengan kewajiban internasional," sambungnya.

Sanksi yang dijatuhkan oleh AS adalah melarang ekspor barang, jasa dan teknologi dan melarang investasi baru untuk Korut. Sanksi juga menetapkan sembilan kriteria baru yang memungkinkan Departemen Keuangan untuk menargetkan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh Korut.

Selain itu, sanksi juga dapat dikenakan kepada individu yang bekerja di transportasi, pertambangan, energi atau jasa keuangan industri Korut. Penandatanganan dan pengumuman penjatuhan sanksi kepada Korut ini bertepatan dengan pengumuman Pengadilan Korut menjatuhkan hukuman kerja paksa 15 tahun kepada mahasiswa AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7556 seconds (0.1#10.140)