Soal Uji Coba Rudal, Rusia Bela Iran

Senin, 14 Maret 2016 - 22:58 WIB
Soal Uji Coba Rudal,...
Soal Uji Coba Rudal, Rusia Bela Iran
A A A
NEW YORK - Pemerintah Rusia memberikan pembelaan terhadap sekutu mereka, Iran, terkait uji coba rudal balisitik baru-baru ini. Negeri Beruang Merah itu dengan tegas menyebutkan bahwa Iran seharusnya tidak mendapatkan sanksi baru terkait uji coba rudal itu.

"Jawabannya adalah singkat dan jelas yakni tidak," kata Duta Besat Rusia untuk PBB Vitaly Churkin, ketika ditanya apakah Iran harus mendapatkan sanksi atas uji coba rudal tersebut, seperti dilansir Reuters pada Senin (14/3).

Churkin, mengatakan salah satu alasan mengapa Iran tidak harus mendapatkan sanksi atas uji coba itu, adalah uji coba rudal itu tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB atau kesepakatan nuklir.


Seperti diketahui, Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negar Barat menyatakan bahwa Iran mungkin saja akan terkena sanksi baru, jika mereka telah berhasil mengkonfirmasi uji coba rudal tersebut.

AS bahkan telah menyerukan adanya pertemuan di DK PBB untuk membahas hal ini.


Selain AS dan Barat, Israel adalah pihak lain yang mendesak adanya sanksi lanjutan untuk Iran. Tindakan Israel ini didasari pada ketakutan akan ancaman Iran, yang dengan gamblang menyebut bahwa rudal mereka menang ditujukan untuk menyerang dan membumi hanguskan Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0614 seconds (0.1#10.140)