Aneh tapi Nyata, Bayi Kembar di Vietnam dari Ayah yang Berbeda

Rabu, 09 Maret 2016 - 09:37 WIB
Aneh tapi Nyata, Bayi Kembar di Vietnam dari Ayah yang Berbeda
Aneh tapi Nyata, Bayi Kembar di Vietnam dari Ayah yang Berbeda
A A A
HANOI - Dua bayi kembar yang lahir dari seorang ibu di Vietnam diketahui berasal dari dua ayah yang berbeda. Hal itu terungkap setelah dilakukan tes DNA.

Semula tim medis merasa ada perbedaan yang mencolok pada fisik dua bayi itu meski terlahir kembar. Dua bayi kembar itu akhirnya dibawa ke sebuah laboratorium di Hanoi.

Pusat kami untuk Laboratorium Analisis Genetik dan Teknologi telah menenmukan sepasang (bayi) kembar bi-paternal,” kata Le Dinh Luong, Presiden Asosiasi Genetik Vietnam.


Ini jarang terjadi tidak hanya untuk Vietnam, tetapi untuk dunia,” katanya lagi.

Hasil tes DNA mengungkapkan, seorang pria hanya menjadi ayah biologis dari salah satu bayi kembar itu. Sedangkan istrinya, tetap menjadi ibu biologi dari si kembar.

Sepasang bayi kembar itu lahir terpisah beberapa jam. Keduanya, kini berusia dua tahun dan memiliki perbedaan yang mencolok. Salah satunya memiliki rambut bergelombang sedangkan satunya lagi berambut lurus.

Berita sepasang bayi kembar dari dua ayah yang berbeda itu dilaporkan kantor berita pemerintah Vietnam, Tuoi Tre, kemarin (8/3/2016). Identitas bayi kembar dan orangtuanya tidak diungkap oleh tim medis.

Kasus bayi kembar bi-paternal terjadi ketika se telur perempuan dibuahi oleh sperma dari dua laki-laki yang berbeda selama periode ovulasi yang sama.


Jika sel telur wanita itu dibuahi oleh pria yang sama, maka bayi kembar yang dilahirkan adalah bayi kembar fraternal normal. Namun, jika sel telur wanita tersebut dibuahi dua pria yang berbeda maka fenomena ini dikenal sebagai superfekundasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6665 seconds (0.1#10.140)