Senator AS Bilang Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel Penting

Jum'at, 04 Maret 2016 - 09:58 WIB
Senator AS Bilang Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel Penting
Senator AS Bilang Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel Penting
A A A
WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS), Ben Cardin, mengatakan menyebarkan sistem rudal Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan (Korsel) penting.

Alasannya, sistem rudal THAAD bisa menghalangi serangan dari Korea Utara (Korut).

Pada bulan Februari lalu, Departemen Pertahanan AS atau Pentagon menyatakan akan memulai pembicaraan dengan Seoul untuk penyebaran baterai THAAD ke Korsel guna membela wilayah itu dari ancaman rudal Pyongyang.

Memberi mereka kenyamanan (dengan) sistem pertahanan yang lebih aman adalah penting,” kata Cardin kepada Sputniknews, mendukung penyebaran sistem rudal THAAD ke wilayah sekutu AS itu.

(Baca: Kim Jong-un Perintahkan Semua Senjata Nuklir Korut Siaga Setiap Saat)

Laporan perihal kemungkinan penyebaran sistem rudal THAAD oleh AS ke Korsel telah beredar selama beberapa bulan terakhir. Namun, rencana itu ditentang keras oleh China. Beijing menuduh sistem rudal canggih AS itu bisa mengancam China.


Dukungan senator AS untuk penyebaran sistem rudal THAAD itu bersamaan dengan tindakan Korut yang menembakkan rudal jarak pendek ke Laut Timur atau Laut Jepang kemarin. Manuver Korut itu menyusul penjatuhan sanksi keras oleh Dewan Keamanan PBB atas uji coba keempat senjata nuklir Pyongyang dan peluncuran roket jarak jauh.

(Baca juga: Kim Jong-un Perintahkan Senjata Nuklir Siaga, Begini Reaksi AS)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7348 seconds (0.1#10.140)
pixels