Gencatan Senjata, Sejumlah Pertempuran di Suriah Terhenti

Sabtu, 27 Februari 2016 - 20:15 WIB
Gencatan Senjata, Sejumlah Pertempuran di Suriah Terhenti
Gencatan Senjata, Sejumlah Pertempuran di Suriah Terhenti
A A A
DAMASKUS - Sejumlah pertempuran berhenti di sebagian besar wilayah Suriah barat, setelah penghentian permusuhan mulai berlaku di bawah kesepakatan Amerika Serikat (AS) dan Rusia diterima oleh kedua belah pihak.

Sebuah kelompok monitoring dan PBB melaporkan, baku tembak hanya terjadi di wilayah isolasi di Suriah barat, setelah gencatan senjata sementara mulai diberlakukan pada Sabtu tengah malam.

"Mari kita berdoa bahwa ini akan bekerja, karena terus terang ini adalah kesempatan terbaik yang bisa kita bayangkan orang-orang Suriah melihat sesuatu yang lebih baik selama lima tahun terakhir dan mudah-mudahan ini berujung pada perdamaian," kata utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (27/2/2016).

Jika penghentian pertempuran sementara ini berjalan sebagaimana mestinya, maka untuk pertama kalinya kekuatan dunia mampu bernegosiasi untuk jeda dalam perang sipil. Berdasarkan kesepakatan ini, pemerintah Suriah dan kelompok pemberontak diharapkan menghentikan pertempuran sehingga bantuan kemanusiaan bisa mencapai warga sipil dan pembicaraan damai dapat dilanjutkan.

Meski begitu, kesepakatan gencatan senjata ini tidak berlaku untuk ISIS dan kelompok al Qaeda afiliasi, Front al-Nusra. Pemerintah Suriah dan Moskow menegaskan tidak akan menghentikan pertempuran terhadap keduanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6137 seconds (0.1#10.140)