RI-Ceko Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Kamis, 25 Februari 2016 - 22:40 WIB
RI-Ceko Sepakat Tingkatkan...
RI-Ceko Sepakat Tingkatkan Kerjasama
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Republik Ceko sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang. Kesepakatan ini dicapai kala terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Ceko, Lubomir Zaoralek.

"Kami sepakat untuk menguatkan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi dengan Republik Ceko," kata Retno dalam pernyataan bersama dengan Zoralek di Jakarta, pada Kamis (25/2).

Selain membahas mengenai peningkatan kerjasama di bidang ekonomi, kedua Menlu juga sepakat meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan, pariwisata, energi, pendidikan, pertahanan, dan juga soal terorisme dan ekstremisme.

Retno mengatakan, Ceko adalah salah satu mitra dagang Indonesia di kawasan Eropa timur dan tengah, setelah Rusia, Ukraina, dan Polandia. Total investasi Ceko di Indonesia dalam lima tahun terakhir sebesar USD 34,35 juta.

Sementara itu di bidang pendidikan, kedua negara rencananya akan membuka beasiswa. "Pada 2015, Indonesia memberikan sekitar 180 beasiswa untuk ke Ceko dan akan kita tingkatkan lagi pada tahun ini," sambung Retno.

Dari sisi Ceko, niat untuk meningkatan kerjasama, khususnya kerjasama dalam bidang ekonomi, Zaoralek membawa 31 orang pelaku bisnis yang akan bertemu dengan pengusaha Indonesia. Para pengusaha itu akan bertemu di business meeting hari ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2231 seconds (0.1#10.140)