NATO Bela Serangan Turki ke Suriah

Rabu, 24 Februari 2016 - 16:24 WIB
NATO Bela Serangan Turki ke Suriah
NATO Bela Serangan Turki ke Suriah
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg membela aksi Turki yang menyerang wilayah Suriah yang didiami oleh kelompok Kurdi Suriah. Menurutnya, serangan yang dilakukan oleh Turki sudah proporsional.

Meski mendukung serangan artileri yang dilakukan oleh Turki, Stoltenberg tetap menyerukan untuk meredakan ketegangan dan penurunan eskalasi di perbatasan Turki-Suriah, menyusul serangan teroris di Ankara yang menewaskan 29 orang, pekan lalu.

"Tidak ada yang bisa membenarkan jenis serangan teroris yang kita lihat di Ankara beberapa hari lalu," kata Stoltenberg di Parlemen Eropa di Brussels seperti dikutip dari laman Anadolu, Rabu (24/2/2016).

"Tantangan yang jelas kita lihat di Suriah dan juga yang mengalir ke Turki menggarisbawahi pentingnya meredakan ketegangan dan deeskalasi, serta respon Turki cukup proporsional," katanya.

Seperti diketahui, sebuah bom mobil meledak dan menghantam sebuah bis militer di Ankara pada pekan lalu. Turki menuding kelompok militer Kurdi Suriah, YPG, berada di balik aksi pemboman itu bekerjasama dengan kelompok Kurdi Turki, PKK. Namun tudingan ini dibantah oleh YPG dan sayap kelompok Kurdi Turki, TAK, mengaku sebagai pelaku pemboman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)
pixels