Vietnam Anggap China Lakukan Pelanggaran Kedaulatan

Jum'at, 19 Februari 2016 - 22:59 WIB
Vietnam Anggap China Lakukan Pelanggaran Kedaulatan
Vietnam Anggap China Lakukan Pelanggaran Kedaulatan
A A A
HANOI - Vietnam memprotes keputusan Beijing menyebar sistem rudal canggih di sebuah pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan. Hanoi mengatakan kebijakan Beijing itu dianggap telah melanggar kedaulatan Vietnam.

"Ini adalah pelanggaran serius kedaulatan Vietnam atas Paracel, mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu serta keamanan, keselamatan dan kebebasan navigasi dan penerbangan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Hai Binh, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Jumat (19/2/2016).

Pernyataan itu juga mengatakan nota diplomatik telah dikeluarkan untuk kedutaan China di Hanoi dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk memprotes kegiatan Beijing.

Para pejabat Taiwan dan Amerika Serikat (AS) pada Rabu lalu mengatakan China telah mengerahkan sistem rudal ke pulau Woody, yang merupakan bagian dari rantai Paracel China. Namun, Vietnam dan Taiwan juga mengklaim kedaulatan atas wilayah yang sama.

Pada pertemuan puncak para pemimpin Asia Tenggara di California pada hari Senin kemarin, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung menyarankan kepada Presiden AS, Barack Obama, untuk mengambil "tindakan lebih efisien" terhadap militerisasi dan pulau buatan di Laut Cina Selatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6727 seconds (0.1#10.140)