Paus Yohanes Paulus II Dituding Pacari Wanita Bersuami

Senin, 15 Februari 2016 - 09:51 WIB
Paus Yohanes Paulus II Dituding Pacari Wanita Bersuami
Paus Yohanes Paulus II Dituding Pacari Wanita Bersuami
A A A
VATIKAN - Sebuah dokumen menuduh mending Paus Yohanes Paulus II, menjalin hubungan asmara dengan wanita yang telah bersuami. Pengungkapan dokumen itu dikritik Vatikan.

Dokumen yang diperiksa BBC, mengungkapkan bahwa Paus dan seorang wanita bernama Anna-Teresa Tymieniecka, diduga menjalin hubungan selama empat tahun.

Tymieniecka adalah seorang filsuf Amerika kelahiran Polandia. John Cornwell, penulis dokumen itu, dalam tulisannya menyatakan ada hubungan tak wajar antara Paus dan Tymieniecka.”Menghabiskan ratusan jam dengan dia, kadang-kadang datang dengansekretarisnya, tapi sering sendirian,” bunyi dokumen itu.

BBC Panorama mempublikasikan sebuah dokumen berjudul “The Secret Letters of Pope John Paul II”. Surat itulah yang mengungkap hubungan Paus dengan Tymieniecka yang telah menikah dengan profesor Universitas Harvard; Hendrick S Houthakker.


Vatikan telah menolak dokumenter itu dengan menyebutnya “lebih banyak asap daripada api”. ”Hal itu diketahui bahwa dia bersahabat dengan Tymieniecka dan Poltawska, kata seorang pejabat Vatikan kepada Guardian, yang dikutip Senin (15/2/2016).

Tymieniecka sebelumnya telah membantah terlibat hubungan asmara dengan Paus Yohanes Paulus II, sebelum akhirnya Paus meninggal tahun 2005.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6740 seconds (0.1#10.140)