Manuver Akbar Velayat 94, Iran Tembakkan Sejumlah Rudal Jelajah

Sabtu, 30 Januari 2016 - 09:00 WIB
Manuver Akbar Velayat 94, Iran Tembakkan Sejumlah Rudal Jelajah
Manuver Akbar Velayat 94, Iran Tembakkan Sejumlah Rudal Jelajah
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut Iran melakukan manuver militer akbar selama tiga hari yang dikenal sebagai “Velayat 94” di lepas pantai Makran, Iran tenggara. Dalam manuver akbar itu, Iran menembakkan beberapa rudal jelajah Nour.

Peluncuran rudal jelajah Nour diklaim militer Iran akurat dan kuat. ”Kapal Angkatan Laut secara bersamaan menembakkan rudal jelajah Nour dan menghancurkan target yang telah ditentukan dan berhasil menyelesaikan misi ini,” kata juru bicara Angkatan Laut Iran, Seyyed Mahmoud Mousavi, kepada wartawan pada hari Jumat.

Kepala Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari, menambahkan, Angkatan Laut Iran telah membuat langkah membanggakan. Menurutnya, Angkatan Laut Iran bisa menyerang “jantung” musuh Iran.

Latihan militer tahunan Iran itu dimulai sejak hari Rabu di kawasan timur Selat Hormuz. Latihan ini ditujukan untuk menunjukkan kepada orang-orang dari seluruh dunia bahwa Republik Islam Iran memiliki kompetensi dalam membangun keamanan dan membela perbatasan maritim negara di laut, terutama di Selat Hormuz, Laut Oman, dan wilayah utara Samudra Hindia,” ujar Sayyari, seperti dikutip Sputnik, Sabtu (30/1/2016).


Saat latihan militer perdana, Teheran telah mengusir kapal perang Amerika Serikat (AS) yang mendekati zona operasi Angkatan Laut Iran.


Seperti yang kita antisipasi bahwa Amerika mungkin mendekati zona operasi untuk belajar tentang taktik kami, kami memperingatkan mereka sekali menggunakan pesawat patroli maritim dan sekali lagi menggunakan kapal perusak Alborz,” ujar Sayyari.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5090 seconds (0.1#10.140)