Iran Tahan 10 Pelaut AS

Rabu, 13 Januari 2016 - 14:29 WIB
Iran Tahan 10 Pelaut AS
Iran Tahan 10 Pelaut AS
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut (AL) Iran dikabarkan telah menahan 10 orang pelaut asal Amerika Serikat (AS). 10 pelaut AS tersebut ditahan oleh AL Iran karena menerobos batas wilayah laut Iran, kemarin.

"Angkatan Laut menangkap kapal Amerika, dua kilometer di dalam wilayah perairan Iran saat mereka menyelinap di sekitar perairan," bunyi laporan kantor berita Iran, Fars, seperti dilansir Reuters pada Rabu (13/1).

Masih menurut laporan Fars, Iran dan AS saat ini tengah melakukan negosiasi pembebasan 10 pelaut tersebut. Dikabarkan, 10 pelaut AS tersebut akan dirilis Iran pada siang hari ini waktu setempat.

Penangkapan 10 pelaut AS ini sendiri telah dibenarkan oleh pihak Gedung Putin. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan kontak dengan pemerintah Iran, dan mendapati kabar bahwa kondisi 10 pelaut baik-baik saja.

"Kami telah menerima jaminan dari Iran yang pelaut kami aman dan bahwa mereka akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka segera," kata Earnest dalam pernyataannya.

Penangkapan 10 pelaut AS ini sendiri terjadi hanya beberapa saat sebelum Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato kenegaraan terakhirnya di Kongres. Dimana, dalam pidatonya Obama meyakinkan Kongres AS soal kesepakatan nuklir dengan Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3283 seconds (0.1#10.140)