Serangan Udara Irak Tewaskan Petinggi ISIS

Minggu, 10 Januari 2016 - 16:32 WIB
Serangan Udara Irak Tewaskan Petinggi ISIS
Serangan Udara Irak Tewaskan Petinggi ISIS
A A A
BAGHDAD - Militer Irak menyatakan bahwa wakil kedua pemimpin ISIS, Assi Ali Mohammed Nasser al-Obeidi, dikabarkan tewas dalam serangan angkatan udara Irak di kota Barwana, di timur Haditha, 145 kilometer barat laut dari Ramadi.

"Assi Ali Mohammed Nasser al-Obeidi adalah seorang komanda militer ISIS di Irak barat dan timur Suriah," bunyi pernyataan Komando Operasi gabungan Irak seperti dikutip dari CNN, Minggu (10/1/2016).

Menurut juru bicara Komando Operasi Gabungan Irak, Kolonel Mohammed Ibrahim, Obeidi diketahui pernah menjadi komandan brigade di pasukan khusus mendiang mantang presiden Irak, Saddam Hussein, Pasukan Republik. Ia juga tercatat sebagai pelarian dari penjara Abu Gharain dan mantan di Camp Bussca.

Tewasnya Obeidi menggenapi sejumlah petinggi ISIS yang sebelumnya juga telah tewas akibat serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang belum lama ini juga diumumkan.

Pada akhir Desember, beberapa tokoh senior ISIS yang beroperasi di Irak telah tewas dalam beberapa minggu. Menurut jubir pasukan koalisi AS, Kolonel Steve Warren, 10 pemimpin senior ISIS beroperasi di Irak dan Suriah telah tewas. Salah satunya adalah otak serangan teroris di Paris, Prancis, pada bulan November lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5850 seconds (0.1#10.140)